Tipe-Tipe Orang Kalau Sahur

 

Karena dilakukan saat dini hari, tak sedikit yang menganggap sahur adalah tantangan tersendiri, padahal menurut H.R Bukhari & Muslim Rasulullah berkata jika di dalam sahur itu ada berkah lo Sahabat Pendidikan. Sebisa mungkin jangan diskip ya.

 

Kala sahur, kalau diperhatikan, ada orang yang semangat sekali, ada juga yang ngantukan, dan ada beberapa tipe lain yang Sahabat Pendidikan perlu tahu nih. Tipe lainnya seperti apa ya?

1. Si Paling Niat

Merekalah yang paling bersemangat menyambut makan sahur. Bangun paling awal, masak, menyiapkan ini itu, dan membangunkan yang lain dengan sabar. Bahkan setelah sahur ia tak akan terlelap lagi, melainkan membaca Al-Qur’an hingga azan Subuh berkumandang. Niat mereka tak ada duanya, patut ditiru.

2. Si Penggugur Kewajiban

Bangun sebentar, makan ala kadarnya, lalu kembali ke peraduan. Kalau lagi mager biasanya hanya sekadar minum segelas air putih. Begitulah si penggugur kewajiban, yang penting sahur.

3. Si “Sahur Duluan Ajalah”

Mereka memilih untuk makan sebelum tidur supaya tak perlu repot bangun dini hari melaksanakan sahur. Katanya sih jaga-jaga andai bangun terlambat saat sahur, padahal makan sebelum tidur kurang baik buat kesehatan, lo.

4. Si Balik Tidur

Matikan alarm, lalu kembali tertidur. Mereka lebih rela mengorbankan waktu sahur supaya tetap bisa terlelap. Biasanya di siang hari mereka akan mengeluh lapar dan haus.

5. Si Setengah Sadar

Ngantuk boleh teramat sangat, tapi mereka tetap mengusahakan sahur walaupun makannya setengah sadar karena kantuk yang luar biasa.