Tahun Baru, Resolusi Baru – BAKTI NUSA

Tahun Baru, Resolusi Baru

Tahun Baru, Resolusi Baru

“Apa resolusi tahun ini?”

 

Yap, kata resolusi sering didengung-dengungkan bersamaan dengan pergantian tahun. Tahun baru menjadi sebuah check point dalam hidup untuk tiap individu meninjau kembali telah sejauh apa melangkah dan untuk menyiapkan strategi ke depannya. Strategi ini kerap dibungkus dengan kata ‘resolusi’. Namun yang seharusnya terjawab lebih dahulu adalah pertanyaan: bagaimana dengan resolusimu tahun – tahun sebelumnya? Apakah kamu ‘berhasil’ melaksanakannya?

 

Berdasarkan riset, ‘resolusi’ yang dibuat saat pergantian tahun hanya ‘hidup’ selama 3 bulan. Setelah itu, orang – orang cenderung melupakannya hingga akhirnya tidak terasa waktu akan membawa kepada pergantian tahun berikutnya, dan orang – orang kembali membuat resolusi baru. Akhirnya, resolusi hanya menjadi wacana dan tidak ada perubahan berarti dalam hidup.

 

Mewujudkan resolusi yang telah kita buat memang tidak mudah, tetapi bisa dilakukan jika kita memiliki kemauan kuat. Ada beberapa tips untuk mempermudah kita mewujudkan resolusi kita, antara lain:

  1. Tetapkan resolusi secara spesifik. Kebanyakan, resolusi mati karena bentuknya yang terlalu abstrak, misalkan: menjadi lebih berprestasi tahun ini. Berprestasi dalam apa? Yang bagaimana? Coba ubah dengan: menjadi lebih aktif dalam kegiatan yang menunjang akademik dan ketrampilan non-akademik. Dengan begitu kita lebih bisa mendorong diri kita sendiri untuk terlibat lebih sering dalam kegiatan – kegiatan yang sesuai dengan resolusi kita.
  2. Uraikan dalam bentuk aksi yang lebih konkrit dan dapat dilakukan secara rutin. Dari resolusi yang telah kita daftar, coba jabarkan dalam bentuk aktifitas dan kebiasaan yang dapat kita lakukan agar kita lebih dekat dengan tujuan yang ingin kita capai. Misalkan: mengikuti seminar minimal 2 kali dalam tiap bulan, mengikuti lomba A di bulan B, atau rapat organisasi tiap hari Kamis.
  3. Mulailah dengan aksi yang paling mudah. Inilah yang bagian yang terpenting, yaitu: Memulai. Di antara aktivitas – aktivitas yang telah kalian jabarkan di nomor 2, manakah yang menurut kalian paling mudah untuk kalian lakukan, maka segera lakukanlah. Semua hal dimulai dari hal – hal yang kecil dan selalu akan lebih mudah ketika kalian telah memulai.

 

Jadi bagaimana, apa kalian sudah siap mewujudkan resolusi tahun ini?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
Skip to toolbar