Siap-Siap Ramadan Akan Tiba! – BAKTI NUSA

Siap-Siap Ramadan Akan Tiba!

Siap-Siap Ramadan Akan Tiba!

Ramadan akan segera menyapa, apakah kita telah mempersiapkan diri sebaik-baiknya? Sebelum Ramadan tiba ada baiknya kita mempersiapkan diri agar dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik. Kami memiliki beberapa tips persiapan yang dapat kita lakukan menjelang Ramadan nanti:

  1. Menjalani puasa di hari biasa

Bagi yang tidak terbiasa, puasa sebulan penuh akan cukup menyulitkan. Agar Sahabat Pendidikan tidak kaget, yuk coba melakukan puasa sunah Senin Kamis atau Puasa Daud. Kami yakin jika rutin dilakukan, menjalani puasa di bulan Ramadan akan terasa mudah.

  1. Menyelesaikan Qadha Puasa

Puasa di bulan Ramadan hukumnya wajib, hanya saja ada beberapa kondisi yang membuat seseorang tidak menjalankan puasa dan menggantinya di bulan lain. Hanya saja Sahabat Pendidikan tidak boleh lupa untuk membayar hutang puasa terseut sebelum Ramadan tiba

  1. Mengurangi camilan

Mengurangi camilan konon sangat membantu seseorang dalam mengatur pola makan. Hal tersebut membuat seseorang mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi, sehingga ketika berpuasa, tidak akan sering merasa lapar.

  1. Persiapan Khatam Al-Qur’an

Banyak orang yang menjadikan bulan Ramadan sebagai waktu untuk mengkhatamkan Al-Quran. Karenanya mulailah menghitung berapa banyak ayat atau juz yang harus dibaca setiap hari agar selesai tepat ketika Ramadan berakhir.

  1. Kurangi berperilaku buruk

Puasa juga menjadi tempat seseorang untuk melakukan hal-hal baik. mulai dari menjaga sikap, perkataan, dan perbuatan. Alangkah baiknya, hal tersebut mulai kita lakukan sejak saat ini bahkan setelah Ramadan usai.

  1. Persiapkan Harta

Bulan Ramadan adalah ladangnya pahala dan penebusan dosa. Selain melakukan ibadah salat atau puasa, banyak hal yang dapat dilakukan untuk berbuat kebaikan. Contohnya, membayar zakat, infaq, dan bersedekah. Tidak harus banyak, tetapi niat yang ikhlas dan tulus karena Allah ta’ala.

  1. Olahraga

Mulailah berolahraga utuk meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh kamu. Ketika puasa, seseorang akan mudah lemas dan jatuh sakit jika tidak diimbangi pola makan yang sehat dan tentunya berolahraga yang cukup.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
Skip to toolbar