Si Legit Primadona Ramadan – BAKTI NUSA

Si Legit Primadona Ramadan

Si Legit Primadona Ramadan

Setiap Ramadan kehadiran kurma selalu ditunggu-tunggu. Buah legit yang berasal dari pohon palem ini selalu menjadi panganan khas Ramadan. Bahkan Nabi Muhammad saw. menyarankan menyantapnya ketika berbuka puasa,  sebab rasanya yang manis mampu membangkitkan tenaga setelah seharian berpuasa.

Meskipun rasanya manis ternyata kurma bermanfaat melancarkan pencernaan lho. Dengan serat sebanyak tujuh gram dalam porsi 3,5 ons (0,99 kg), kita bisa memasukkan kurma ke dalam diet harian. Serat dalam kurma dapat mencegah konstipasi dan mampu membuat gerakan usus besar lebih teratur, khususnya dalam membentuk feses.

Nah kita juga harus tahu kalau ada beberapa jenis kurma yang paling banyak dicari saat Ramadan, yuk kenalan!

1. Kurma Deglet Noor

Kurma yang dikenal sebagai ‘kurma bercahaya’ ini berwarna keemasan saat berada di bawah pancaran sinar matahari. Tekstur daging buah kurma deglet noor sangat lembut, rasa manisnya pun seperti madu. Kurma deglet noor banyak tumbuh di Tunisia, Aljazair, hingga Amerika Serikat.

2. Kurma Halawi

Pencinta makanan manis pasti suka dengan kurma halawi. Meskipun ukurannya kecil, tetapi  daging buahnya sangat lembut.

3. Kurma Zaghloul

Kurma ini dikenal sebagai kurma merah. Bentuknya panjang dan agak lonjong, rasanya sangat manis dan dihargai sangat mahal.

4. Kurma Thoory

Kurma thuri disebut sebagai ‘kurma roti’ karena teksturnya keras dan seperti kue. Kurma ini sangat populer di Aljazair. Warnanya cokelat kemerahan dan kulitnya cenderung keriput.

5. Kurma Khadrawi

Kurma Khadrawi berasal dari Irak. Walaupun ukurannya kecil, kurma ini memiliki kadar air tinggi. Rasanya yang tidak terlalu legit cocok untuk mereka yang kurang suka makanan manis. Warnanya merah gelap dan kulitnya kering bersisik seperti kertas.

6. Kurma Ajwah

Alias kurma nabi menjadi kurma favorit karena dipercaya menjadi kesukaan Nabi Muhammad saw. Bentuknya kecil, berwarna coklat tua cenderung hitam, dan teksturnya halus serta lembut ketika dilumat. Kurma ini bisa kita temui di Madinah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
Skip to toolbar