Potensi Kerajinan di Kabupaten Magelang – BAKTI NUSA

Potensi Kerajinan di Kabupaten Magelang

Potensi Kerajinan di Kabupaten Magelang

Kabupaten Magelang terletak dibagian selatan provinsi Jawa Tengah dan berbatasan langsung dengan Daerah Istimewa Yogyakarta. Salah satu ikon / symbol dari Kabupaten Magelang yang sudah cukup dikenal adalah Candi Borobudur. Candi ini menjadi magnet penarik wisatawan baik dari dalam negeri bahkan wisatawan dari luar negeri. Dengan banyaknya wisatawan yang berkunjung di Kabupaten Magelang, sehingga menciptakan peluang usaha potensial diantaranya adalah usaha kerajinan. Produk kerajinan di Kabupaten Magelang memiliki banyak jenis / ragam baik dari segi bentuk, bahan baku, maupun fungsinya. Sebagian besar produk kerajinan yang lahir  berasal dari usaha skala industri kecil, maka perlu adanya pendampingan dari instansi atau dinas terkait.

Dinas perindustrian dan tenaga kerja Kabupaten Magelang memiliki fungsi dan tugas diantaranya adalah pembinaan dan pendampingan guna mengembangkan usaha kerajinan yang ada di wilayah Kabupaten Magelang. Produk kerajinan yang dimaksud tersebut diantaranya adalah :

 

  1. Kerajinan Tanduk dan kayu pucang

Desa Pucang, Kecamatan Secang memiliki potensi kerajinan unggulan berupa kerajinan tanduk dan kerajinan kayu. Beraneka macam produk kerajinan tanduk dihasilkan mulai dari produk fungsional seperti centong, sisir, serit, pipa rokok, dan lain sebagainya. Tanduk diproses / diolah sedemikian rupa dengan cara dipanasi, kemudian dibentuk sesuai dengan kebutuhan. Keunggulan produk kerajinan tanduk dari desa ini adalah adanya nilai keunikan dan finishing yang rapi nan halus

Selain kerajinan dari tanduk, Desa Pucang juga memiliki kerajinan unggulan dari kayu. Berbagai macam produk kerajinan dari kayu yang dihasilkan diantaranya adalah centong, solet kayu, talenan, dan kini telah berkembang menjadi berbagai macam souvenir. Kapasitas produksi yang besar menjadi nilai tambah tersediri karena mampu memenuhi pesanan partai besar dan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau

 

  1. Kerajinan bedug kayu

Suara menderu mesin gergaji pagi itu berasal dari salah satu rumah warga yang tengah memotong gelondongan kayu dengan diameter cukup besar.  Adalah khuzaemadi pemilik industri kecil yang memproduksi bedug dengan nama usaha “Barokah Agung”. Bedug buatan IKM dari wilayah Desa Ngasian Kecamatan Grabag ini masih menjadi salah satu bedug yang dilirik oleh masjid-masjid di Indonesia, bahkan sudah merambah ke beberapa Negara. Meski terjadi penurunan penjualan, namun bedug buatan “Barokah Agung” masih banyak diminati. Ada langganan dari Medan yang pasti tetap mengambil bedug, dan juga beberapa konsumen dari Negara lain seperti Malaysia, Singapura, bahkan italia

 

  1. Kerajinan bambu

Salah satu kerajinan potensial unggulan di Kabupaten Magelang adalah kerajinan berbahan baku bambu. Sentra kerajinan bambu sendiri tersebar di beberapa daerah seperti Sentra Kerjinan Bambu Desa Sidodadi Kecamatan Tegalrejo, Sentra Kerajinan Bambu Desa Prajeksari Kecamatan Tempuran, dan Sentra Kerajinan Bambu Desa Kebonsari Kecamatan Borobudur. Masing-masing sentra memiliki ciri khas produk yang berbeda .

Sentra kerajinan bambu desa Sidodadi Kecamatan Tegalrejo terletak dijalur utama Magelang – Kopeng  sekitar KM ke 12. Disepanjang jalan tersebut banyak dibuka showroom kerajinan bambu dalam bentuk aneka furniture seperti kursi set, tempat tidur, dan lain sebagainya. Selain menampikan produuknya di showroom, sentra kerajinan bamboo ini juga melayani pemesanan pembuatan gazebo bamboo dengan berbagai macam ukuran dan fungsi.

Sentra kerajinan bambu selanjutnya adalah Desa Kebonsari Kecamatan Borobudur. Desa ini terletak disebelah barat candi Borobudur dengan waktu tempuh sekitar 20  menit dari candi Borobudur. Produk dari sentra ini diantaranya adalah pulpen bamboo, gelang bamboo, tirai bamboo, serta tas bamboo. Ciri khas produknya adalah bamboo yang digunakan merupakan bagian carang / ranting bamboo yang kecil.

 

  1. Kerajinan almunium

Perkakas dapur dari almunium biasanya identik dengan barang buatan pabrik. Namun, di Kabupaten Magelang terdapat perajin almunium yang memproduksi beragam jenis perkakas dapur seperti wajan, teko (ceret), dandang, soblok, dan lain sebagainya. Perajin tersebut adalah Bayu Kristiyono dengan menggunakan nama usaha “Maju Mulyo” . Produk “Maju Mulyo” memiliki keunggulan berupa penggunaan bahan plat almunium yang tebal sehingga menjamin kekuatan dan pemakaian yang lebih lama. Selain itu, kerapihan dan kehalusan finishing menjadi hal penting yang senantiasa dijaga demi kualitas terbaik.

 

  1. Kerajinan batik

Batik telah menjadi bagian tak terpisahkan dari budaya bangsa Indonesia. Hampir disetiap daerah memiliki batik dengan corak dan motif yang menunjukkan ciri khas daerah tersebut. Perajin batik di Kabupaten Magelang tersebar dibeberapa daerah diantaranya adalah Batik Sleker Asri di Desa Gandusari Kecamatan Bandongan dan Batik Saniyya di Desa Tamanagung, Kecamatan Muntilan.  Aneka corak dan motif yang diaplikasikan dalam batik merupakan representasi dari alam sekitar, sebagai contoh adalah motif stupa candi Borobudur yang dibuat oleh batik sleeker asri, dan motif pohon bamboo pada batik saniyya. Teknik pembuatan batik ada yang menggunakan canting (tulis) maupun menggunakan teknik cap, dan pewarnaan menggunakan bahan kimia maupun pewarnaan alami

 

  1. Kerajinan kayu arkana gallery

Arkana galleri merupakan industry kecil yang memproduksi kerajinan berbahan baku kayu dengan spesialisasi produk interior bergaya vintage, shabbychic, scandanavian, maupun modern. Produk dikerjakan secara hand  made dengan mengutamakan kualitas produk baik dari segi kerpihan, pewarnaan maupun kehalusan finishing. Berbagai macam produk seperti dekorasi kamar, rak dapur, mug holder, dan apapun keinginan anda dapat dikreasikan oleh arkana gallery dan siap memberikan keajaiban bagi dekorasi hunian. “Pesan sesukamu, desain semaumu”

 

  1. Kerajinan kayu kun-kun craft (pak kunto)

Kun – kun craft merupakan industry kecil yang berfokus pada produk kerajinan berbahan baku kayu. Produk yang dihasilkan dintaranya adalah miniature mobil classic, miniature pesawat, miniature kapal layar dan masih banyak lagi. Proses produksi diwali dengan pembuatan gambar sesuai mal pada pada bahan, dilanjutkan dengan pemotongan. Bahan yang sudah dipotong kemudian di amplas untuk selanjutnya dirakit dan proses terakhir adalah finishing. Dengan finishing yang halus dan rapi, produk kun-kun craft cocok sebagai souvenir maupun oleh-oleh dan  telah dipasarkan ke beberapa wilayah. Bagi anda yang sedang berkujung  ke candi Borobudur, jangan lupa untuk mampir ke workshop kun-kun craft yang berada persis disebelah candi Borobudur.

 

  1. Saga Craft

Saga craft adalah industry kecil produk kerajinan dengan bahan baku yang berasal dari bahan-bahan daur ulang seperti botol plastic, pipa pralon, gallon bekas, maupun kayu sisa bahan seperti jati belanda dan lain sebagainya. Aneka bahan tersebut bagi beberapa orang kurang memiliki nilai ekonomis, namun dengan kretivitas dari seorang bernama hadi prayitno, aneka bahan tersebut diolah menjadi berbagai macam produk kerajinan yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Dengan nama usaha “Saga Craft”, berbagai macam kreasi kerajinan dilahirkan, seperti lukisan kayu dengan teknik bakar, jam kayu, sandaran hp dari kayu dan yang terbaru adalah miniature hewan dari gallon bekas. Gallon dipotong dan dipanasi kemudian dirakit menjadi bentuk hewan seperti kuda, sapi, harimau, naga, dan lainnya tergantung pesanan. Bagi anda yang ingin berkunjung di workshop “Saga Craft”, alamat berada di Desa Tegalarum, Kecamatan Borobudur

 

  1. Kerajinan mainan kayu Srumbung

Seiring perkembangan zaman, permainan edukasi tradisional mulai tergeser dengan adanya gadget. Namun demikian, Lucky Handycraft tetap setia memproduksi kerajinan mainan edukasi tradisional dari kayu. Mainan tersebut berasal dari kayu sisa potongan industry meubeler yang diolah sedemikian rupa menjadi mainan edukasi dalam bentuk teka-teki. Tahap awal adalah menggambar pola pada bahan, kemudian dipotong. Bahan yang sudah dipotong kemudian diamplas agar halus. Kayu dibuat saling mengkait sehingga akan membentuk bola apabila dirakit dan dapat dipisahkan / knock down. Mainan tersebut mampu mengasah kretivitas dalam mencari solusi pemecahan masalah berupa bagaimana merangkai kembali mainan yang telah di-knock down menjadi satu kesatuan bentuk yang saling terkait.

 

  1. Kerajinan Clay

Clay dalam bahasa inggris berarti tanah liat, namun dalam dunia kreatif kerajinan tangan, clay dapat dibuat dari bahan apa saja. Seperti halnya yang dilakukan oleh “Yoora Clay”, crafter asal magelang ini mampu mengkreasikan clay menjadi berbagai macam bentuk karakter sesuai dengan keinginan konsumen, sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai kado, souvenir pernikahan, hadiah pernikahan, hadiah wisuda dan lain sebagainya. Keunggulan produk yoora clay adalah custom produk serta detail finishing yang halus.

 

  1. Kerajinan gerabah

Arum Art yang beralamat di Desa Karanganyar, Kecamatan Borobudur merupakan Industri Kecil yang berfokus pada produk kerajinan gerabah. Berbagai macam produk gerabah dihasilkan, mulai dari yang kecil sampai yang besar. Seiring dengan perkembangan zaman, usaha gerabah Desa Karanganyar berkembang menjadi wisata edukasi berbasis vocational. Wisatawan diajak untuk terlibat dan praktik secara langsung dalam pembuatan kerajinan gerabah dan nantinya hasil praktik tersebut dapat dibawa pulang sebagai souvenir. Setiap hari, banyak wisatawan yang berkunjung baik wisatawan dalam negeri maupun wisatawan  mancanegara. Bagi anda yang berencana berkunjung ke candi Borobudur, cobalah untuk sekaligus berkunjung ke Desa Karanganyar yang berjarak cukup dekat dengan candi Borobudur.

 

 

 

  1. Kerajinan sapu rayung

Rayung merupakan tangkai pelepah dari rumput gelagah. Ditangan perajin kreatif dari Desa Bojong Kecamatan Mngkid, rayung diolah menjadi kerajinan unik nan fungsional. “SDM Bandi” adalah salah satu perajin sapu rayung di Desa Bojong, yang telah memproduksi sapu rayung sejak beberapa tahun yang lalu. Rayung dikombinasikan dengan bamboo maupun kayu sebagai gagang, dirangkai dan dikuatkan dengan sulaman/ikatan maupun dengan paku menjadi sebuah sapu. Peminat sapu rayung ini tidak hanya terbatas dari masyarakat dalam negeri, namun telah merambah pasar luar negeri seperti Malaysia, Singapura dan Arab Saudi.

Demikian gambaran singkat mengenai Produk Kerajinan Potensial Kabupaten Magelang, semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
Skip to toolbar