Pemberdayaan hal umum yang selalu disandingkan dengan kata masyarakat. Pemberdayaan memiliki nilai jual tinggi sebagai sebuah ide untuk menemukan panggung dalam karir terutama politik. Masyarakat pada umumnya akan membuka diri ketika ada orang atau sekelompok orang yang ingin memberikan bantuan. Bantuan ini bisa berupa tenaga, uang, program atau hal lain yang memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan masyarakat. Tapi apakah demikian, bantuan untuk pemberdayaan tersebut menjadi hal yang murni hadir dari lubuk hati manusia. Hal yang sering kita lihat kenyataannya adalah Pemberdayaan merupakan agenda formalitas, dari instansi, organisai, mata kuliah, atau hal lainnya yang bergerak pada bidang itu.
Pemberdayaan dalam kamus bahasa Indonesia memiliki bentuk kata pertama yaitu daya. Daya merupakan kemampuan untuk melakukan sesuatu atau kemampuan bertindak. Ketika ditambahkan kata ber di depannya maka hal tersebut menjadi sebuah tindakan untuk melakukan sesuatu. Pemberdayaan dilakukan untuk membuat msayarakat mampu melakukan sesuatu hal yang bisa merubahnya dalam konotasi positif. Pemberdayaan hadir sebagai gerakan untuk bertranformasi bersama menjadi lebih baik. Gerakan ini mendorong arah perubahan yang nyata sebagai kontribusi kemanusiaan yang berasaskan UUD 1945 yaitub untuk memajukan kesejahteraan umum. Apakah ini nyata kita lakukan? Apa masyarakat itu menuju perubahan yang lebih baik? Apakah program yang kita lakukan malah menghambat aktivitas mereka.
Masyrakat merupakan tatanan kehidupan sosial yang terbentuk melalaui proses panjang dalam berhimpun. Dalam himpunan terjadi proses penyesuaian dan kesepakatan yang dilakukan antar pihak untuk menjaga ketertiban bersama. Karakteristik masyarakat memiliki pola yang berbeda satu dengan yang lainnya. Melihat masyarakat hanya sebagai objek pengabdian tapi harusnya sebagai subjek pengabdian. Masyarakat bukan orang yang tidak tahu menahu tentang dunia. Masyarakat memiliki pola tersendiri dalam menjalani kehidupan dan sistem tersebut yang menjaga kepribadian luru mereka. Hal ini sulit dipahami oleh seorang pemberdaya. Biasanya pemberdaya hadir sebagai orang yang menurunkan program tanpa tahu kebutuhan dari masyarakat secara langsung.
Menjadi seorang pemberdaya merupakan sebuah manifestasi manusia yang bermanfaat. Dalam hadis, Nabi Muhammad memberikan statement yang harus dirujuk sebagai referensi manusia yaitu Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain. Namun hari ini pemberdayaan hadir sebagai agenda kepentingan yang tidak memberikan dampak yang berkelanjutan. Pemberdayaan harus dilakukan dengan mengedepankan kebutuhan dan masalah yang terjadi di tempat pemberdayaan yang kita lakukan. Pemberdayaan harus dilakukan dengan perasaan dan kehadiran penuh atau mindfullnes. Pemberdayaan harus berasaskan karena energi ketulusan akan mengurangi resiko dan meningkatkan keberhasilan program. Ketulusan itu di lihat lebih jauh ke dalan, karena berhubungan dengan proses memaknai masyarakat sendiri.
Ketulusan dilihat dari kemampuan pemberdaya memhami karekkateristik masyarakat atau Subjek kegiatan. Ketulusan akan mudah dirsakan dan membuat kenyamanan antar pemberdaya dan masyarakat. Ketulusan akan memunculkan sifat yang memberi kesan postif seperti kejujuran yang akan membuat masyarakat yakin. Kejujuran menjadi poin utama, karena berkegiatan akan membuat pemberdaya berinteraksi dan memberikan kesan membangun dalam program yang dijalankan. Ketulusan sebagai seorang pengabdi akan menentukan sukses dan sustaiBirena Al Hurriyyah IPB