Kudu Sahur, Jangen Telat slur – BAKTI NUSA

Kudu Sahur, Jangen Telat slur

Kudu Sahur, Jangen Telat slur

Seperti kita ketahui, sahur merupakan hal yang dianjurkan saat berpuasa.Ternyata ada alasan ilmiah kenapa kita tidak boleh malas untuk sahur. Menurut dokter Roy Sibarani, sahur sangat penting, jika tidak sahur tubuh akan lemas karena gula darah menurun dan cairan di tubuh berkurang (dehidrasi). Nah dehidrasi bisa mengganggu konsentrasi kita dalam beraktivitas.

Perlu kita ketahui jika sahur adalah berkah. Menurut Rashi Chowdhary, Ahli Gizi asal Dubai, berkah saat sahur bukan hanya bisa dirasakan secara spiritual tetapi juga secara fisik; sebab sahur akan langsung merangsang pencernaan di pagi hari, menjaga kadar gula supaya stabil, dan menunda rasa lapar sepanjang hari. Sayangnya tak semua orang bisa bangun sahur tepat waktu karena banyak faktor. Supaya kita bisa bangun sahur tepat waktu kami punya cara jitu, simak penjelasannya di bawah ya.

 

  1. Niatkan dalam hati untuk bangun sahur dini hari.

Sahur adalah sunah yang membuat pahala Ramadan jadi berlipat ganda. Tentu kita tak mau menyia-nyiakannya bukan? Alangkah baiknya dimulai dengan berniat dalam hati untuk bangun sahur dini hari. Saat sudah berniat sungguh-sungguh, maka secara refleks badan dan pikiran akan mengikuti niat tersebut. Itu dikarenakan niat adalah faktor terbesar yang bisa membuat kita segera bangun untuk sahur. Pastikan hal ini sudah ditanamkan jauh-jauh waktu supaya hasilnya maksimal.

 

  1. Jangan kalap makan agar bisa bangun sahur

Tak sedikit orang yang memanfaatkan waktu berbuka sebagai ajang balas dendam. Padahal makan banyak tanpa perhitungan tak hanya membuat lemak semakin bertumpuk, tetapi juga membuat lambung penuh sehingga membuat metabolisme tubuh lebih lambat yang berimbas kepada rasa begah dan malas bergerak, bangun sahur jadi makin sulit.

 

  1. Siapkan hidangan sahur sejak malam

Bangun tengah malam untuk sahur memang banyak godaan, apalagi jika tinggal sendirian. Namun, hal ini tak lagi terasa berat jika mau melaksanakan tips sederhana agar bisa segera terjaga, salah satunya menyiapkan menu sahur sejak malam.

Sebelum tidur, usahakan sudah mempersiapkan masakan atau membeli makan di warung makan terdekat. Saat waktu sahur tiba, tinggal menyantap atau memanaskan masakan saja. Secara tak langsung, cara ini bisa memperbesar motivasiuntuk bangun sahur karena makanan yang sudah disiapkan dari semalam akan basi dan dibuang begitu saja kalau tak segera dimakan. Sayang dan mubazir kan?

 

  1. Sempatkan untuk tidur 15–20 menit saat siang

Tidur siang bagi sebagian orang terdengar sepele, namun ternyata tidur siang ampuh membuat badan tetap bugar sepanjang waktu. Selain membuat badan tak mudah lemas selama menahan lapar, tidur siang bisa menjadi alat untuk bangun sahur dini hari nanti.

Penelitian menunjukan bahwa tidur siang selama lima belas menit bisa mengurangi ketegangan dan stres, tidur singkat tersebut akan membuat tubuh kita bisa diajak kerja sama untuk kembali terjaga lebih pagi. Namun, pastikan tak tidur siang terlalu lama ya.

 

  1. Hindari begadang dan tidur terlalu larut

Bisa dibilang, makan sahur adalah sarapannya orang yang berpuasa. Bedanya, “sarapan” ini menjanjikan pahala tambahan. Jadi tak ada salahnya kalau dibumbui sedikit perjuang untuk bangun lebih dini.

Salah satu cara agar bisa bangun sahur adalah dengan menghindari tidur terlalu larut alias begadang. Usahakan  mulai terlelap  pukul 22.00. Dengan begitu, badan bisa istirahat lebih optimal. Setidaknya  5–6 jam sudah cukup membuat badan segar dan membuat lebih semangat saat terjaga untuk makan sahur.

 

  1. Pasang alarm

Coba pasang alarm setiap 10 menit dari pukul 02.30 pagi dan pastikan nadanya sama seperti nada dering di ponsel. Karena biasanya orang lebih peka saat ada telpon masuk dibanding dengan alarm, cara ini bisa diterapkan agar segera bangun.

 

  1. Minta tolong pada keluarga atau orang terdekat untuk membangunkan.

Selain mengandalkan alarm dari jam weker atau ponsel, kita juga bisa meminta bantuan orang terdekat untuk membangunkan. Jika tinggal di kos-kosan, minta tolonglah pada tetangga kamar. Jika tinggal di rumah, minta tolonglah pada orangtua atau atau anggota keluarga lainnya. Saat meminta tolong pada orang lain, biasanya secara tak sadar kita akan terpaksa menyahut. Selain itu, kadang kamu merasa tak enak hati kalau tak cepat-cepat bangun.

 

  1. Tanamkan bahwa Sahur itu PENTING

Dibalik anjuran sahur sebenarnya ada banyak keuntungannya. Sahur bisa meningkatkan kekebalan tubuh, menambah kekuatan saat siang, memperlancar metabolisme tubuh dan menambah pahala. Selain itu, bangun dini hari juga bikin kamu punya kesempatan untuk menghirup segarnya udara pagi. Nah, jika tak mau melewatkan keuntungan ini, mulailah tanamkan di kepala mulai sekarang.

 

Semoga tips di atas bisa membantu untuk bangun sahur dan bisa menjalankan puasa Ramadan hari pertama dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
Skip to toolbar