FLC 2023: Selesaikan Diri Kita Dulu

Makna kepemimpinan begitu luas. Bahkan sesederhana memimpin diri sendiri. Karena jauh sebelum kita memimpin orang lain, alangkah baiknya kita mampu memimpin pribadi kita sendiri.

Hal tersebut senada dengan pesan dari M. Syafi’ie el Bantanie, “Berbicara tentang kepemimpinan, penting bagi kita untuk selesai dahulu dengan diri kita sendiri. Setelah itu baru kita susun rekayasa perubahan untuk masyarakat luas”.

Mengapa pemimpin dituntut untuk selesai dulu dengan dirinya? Karena menurut Kepala LPI DD periode 2017-2021 tersebut, seorang pemimpin dituntut untuk bisa membaca realitas dan mencari solusi dari permasalahan yang ada. Dengan banyaknya membaca sejarah mampu meningkatkan kemampuan analisis kita karena kita memperkaya referensi pola-pola kehidupan yang pernah ada. Jadi setelah paham dengan dirinya, pemimpin dapat memahami orang lain dan keadaan sekitarnya.

Dalam statement terakhir beliau, pemimpin juga harus memiliki ilmu.
“Jadilah expert di bidang yang teman-teman pilih, sehingga memiliki kapasitas yang mumpuni. Buatlah roadmap kalian sendiri untuk mencapai itu, jangan mudah tergoda dengan roadmad orang lain,” tutupnya