FAQ (Frequently Asked Questions) – BAKTI NUSA

Berikut ini beberapa pertanyaan yang sering disampaikan kepada kami selaku panitia seleksi Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA)

1. Jika bukan dari 14 kampus mitra atau yang tertera di publikasi, apakah boleh saya daftar?

Maaf, BAKTI NUSA hanya bisa diikuti oleh mahasiswa yang berasal dari 14 kampus program BAKTI NUSA. Mohon doanya agar kami bisa menyasar lebih banyak lagi kampus di Indonesia

 

2. Syarat untuk tingkat 4, apakah maksudnya semester 4?

Bukan. Yang dimaksud tingkat 4 adalah mahasiswa tahun ke-4 atau semester 8 pada periode pendaftaran BAKTI NUSA 2020 ini.

 

3. Apa saja berkas-berkas persyaratannya ya?

Syarat berkas-berkasnya ada 3, yaitu :

  • Formulir Pendaftaran BAKTI NUSA (diunduh di www.baktinusa.id/download-formulir-seleksi). Di dalamnya ada beberapa beberapa dokumen yang harus dilampirkan, antara lain pas foto 4 x 6, scan Kartu Tanda Mahasiswa, scan sertifikat TOEFL/IELTS (Official/Prediction), dan scan transkrip nilai.
  • Surat Rekomendasi dari tokoh masyarakat non-mahasiswa (diunduh di www.baktinusa.id/download-formulir-seleksi)
  • Artikel dengan tema “Kontribusi dalam aspek kebijakan publik melalui klaster profesi yang dipilih (akademisi/pengusaha/profesional/politisi) dalam 5 tahun ke depan (500-1000 kata, font Times New Roman size 14)

Seluruh berkas dikirimkan dalam satu bundel (ekstensi .zip atau .rar), kemudian dikirim ke email seleksibaktinusa@gmail.com dengan subject email Nama Lengkap_Asal Kampus. Contoh : M. Atiatul Muqtadir_UGM

4. Surat Rekomendasi apakah ada ketentuannya?

Berikut beberapa tokoh yang diutamakan dalam pembuatan Surat Rekomendasi

  • Klaster Akademisi   : Surat Rekomendasi dari tokoh kampus. Misalnya rektor, dekan, dosen, dll
  • Klaster Profesional  : Surat Rekomendasi dari tokoh professional/lembaga profesi. Misalnya CEO perusahaan, manager, ketua lembaga profesi, dll
  • Klaster Pengusaha  : Surat Rekomendasi dari tokoh pengusaha atau lembaga atau komunitas bisnis. Misalnya pengusaha, ketua komunitas bisnis, dll
  • Klaster Politisi         : Surat Rekomendasi dari tokoh politik. Misalnya anggota DPR/DPRD, kepala daerah, dll
5. Untuk sertifikat Bahasa Inggris tercantum official atau prediction, apakah boleh menggunakan sertifikat Bahasa Inggris dari lembaga bahasa di kampus?
Boleh.
6. Terkait pengalaman organisasi, apakah hanya saat kuliah saja? Saat SMA tidak perlu dicantumkan?
Betul. Pengalaman organisasi yang dicantumkan hanya saat kuliah baik memiliki pengalaman di organisasi intra kampus/ekstra kampus/komunitas/kemasyarakatan.

 

 

 

Skip to toolbar