Discovering Insight Future Leader Camp (FLC) 2020: Change Management Untuk Diri dan Bangsa Lebih Baik – BAKTI NUSA

Discovering Insight Future Leader Camp (FLC) 2020: Change Management Untuk Diri dan Bangsa Lebih Baik

Discovering Insight Future Leader Camp (FLC) 2020: Change Management Untuk Diri dan Bangsa Lebih Baik

Bandung – Pemuda dipercaya sebagai pemegang ujung tombak bangsa. Dengan seluruh potensinya mereka adalah investasi terbesar yang berpeluang melahirkan inovasi dan pergerakan melawan arus globalisasi. Sejarah mencatat jika sejak lama pemuda memiliki peranan penting mengubah sebuah bangsa.

Meyakini hal tersebut, enam puluh penerima manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA) dari empat belas kampus terbaik di Indonesia mengikuti sesi Discovering Insight dalam gelaran Future Leader Challenge (FLC) 2020 yang dilaksanakan secara daring via ZOOM bersama Purwa Udiutomo, Senior Officer Program Pendidikan Dompet Dhuafa.

Peran pemuda dalam perubahan menurut Purwa bukanlah hal yang mudah dilakukan, ada banyak faktor dan proses panjang yang mendasari kenapa perubahan itu harus ada. “Kalau berbicara mengenai perubahan maka kita berbicara banyak komponen, bukan hanya tentang bagaimana kita harus berubah,” ujarnya.

Meskipun dinilai mampu menetukan arah bangsa, pada kenyataannya kiprah pemuda dalam mengubah nasib bangsanya masih menjadi pertanyaan, terlebih ketika mereka tak dapat menampilkan sosok terbaik sebagai figur perubahan. “Pemuda harus menyadari, ketika akan berubah maka kita harus melihat diri sebagai pihak yang akan diubah, sejauh mana risiko perubahan yang ingin dikelola, jangan terpaku pada satu alur, dan evaluasi diri secara berkala,” tutur Purwa.

Ia menambahkan, menjadi potret mengerikan ketika pemuda tidak mau berubah, membatasi diri melakukan perubahan kecil dalam hidup dan lingkungannya, dan menolak memimpin perubahan. “Tantangan terbesar dari perubahan adalah masa transisi ketika berubah, sebab ketika memilih untuk berubah akan ada perasaan tidak nyaman dan tidak pasti yang harus diatasi. Jangan terpaku pada apa yang kita yakini sekarang karena zaman terus berubah,” tandasnya.

“Penghalang untuk menciptakan perubahan adalah bukan karena kita tidak mampu, tetapi karena kita tidak mau. Perubahan atau transformasi harus kita lakukan demi mencapai kemenangan dan keselamatan kehidupan,” pungkas Purwa menutup sesi Discovering Insight.

Future Leader Challenge (FLC) adalah perhelatan nasional sebagai sarana pengembangan dan pemaksimalan kapasitas generasi muda untuk menciptakan pemimpin pemantik pembaharuan dan pemegang kunci kemajuan bangsa. (AR)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
Skip to toolbar