Bersabar – BAKTI NUSA

Bersabar

Bersabar

Sampai kapan kita menahan sesuatu hal yang mungkin tidak dikehendaki, dan berharap semua hal akan seperti yang diinginkan. Sampai kapan kita harus bersabar menghargai siapapun yang mungkin yang dihargai tak pernah memberikan feedback baik.

Apakah sabar itu ada batasnya???
.
Sampai kapan kita istiqomah dalam kebaikan untuk menuju perubahan yang ideal, baik untuk diri kita sendiri, keluarga dan masyarakat bahkan mungkin negara.

Sampai kapan kesabaran istiqomah itu kita jaga yang cukup melelahkan dan membebani???
.
Mungkin pertanyaan itu selalu terngiang dalam benak kita, sampai kapan istiqomah sabar, istiqomah baik, sedang dibalik perjuangan yang melelahkan itu banyak kawan yang melemahkan dan lawan yang menjatuhkan.

Lalu, setelah liat Quran yang indah itu, rabku berkata, jadikanlah sabar sebagai penolong. Ternyata sabar itu bukan sekedar sarana untuk bertahan dari segenap tantangan dan cobaan, tapi ia merupakan pertolongan Allah, “dan jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu”. Dan begitu banyak redaksi sabar dalam Quran memiliki fadhilah yang mulia disisi-Nya.
Sabar ketika di uji oleh Allah baik dalam keadaan senang maupun susah. Sabar dalam beribadah untuk menuju keistiqomahan. Sabar dalam dalam segala hal yang Allah ridha di dalamnya.

Sabar, merupakan kata yang mudah diucapkan, akan tetapi susah untuk diaplikasikan.

Namun, berbahagialah bagi kita yang sedang berusaha selalu sabar karena disambut oleh Allah dengan, “سَلَامٌ عَلَيْكُمْ بِمَا صَبَرْتُمْ” .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
Skip to toolbar