Apa Unsur Terpenting dalam Kepemimpinan? – BAKTI NUSA

Apa Unsur Terpenting dalam Kepemimpinan?

“The journey of a thousand miles begins with one step”

(Lao Tzu)

Ketika berjumpa dengan orang nomor satunya Sumatera Barat, seketika teringat pesan dari salah satu pemateri FLC ; Bapak M.Syafi’ie El-Bantanie.
Beliau mengatakan bahwa unsur terpenting dari kepemimpinan itu disebut ‘KETELADANAN’.
Yap, Al-Uswah dan Al-Qudwah yang merujuk pada Rasulullah SAW.

Pemimpin harus mampu memberikan keteladanan agar kelak melahirkan pemimpin-pemimpin yang juga bisa menjadi dan memberi teladan di masa depan. Salah satu sosok teladan itu adalah Bapak Prof. Dr. H. Irwan Prayitno, S.Psi., M.Sc.


Pertama kali bertemu beliau saat kampanye tahun 2010 di kampung kecil saya. Saat itu saya masih MTsN dan kagum dengan sosok beliau. Kemudian pertemuan kedua adalah ketika beliau datang langsung ke sekolah saya; SMAN 3 Painan di tahun 2014, di sana beliau memberi motivasi agar kami lebih giat lagi untuk belajar, meraih mimpi, dan berani menjelajahi banyak tempat di bumi. Beliau juga bercerita tentang perjuangannya semasa SMA dan kuliah.
Selanjutnya ketika saya berkuliah, saya mulai tahu banyak tentang beliau, termasuk tentang beliau yang mendidik anaknya menjadi hafidz dan hafidzah. Beliau yang mendirikan Yayasan Adzkia, istri beliau yang juga menginspirasi perempuan-perempuan Sumatera Barat. MasyaAllah…

Ketika mendengar kabar beliau akan maju lagi menjadi calon Gubernur Sumbar dan bersanding dengan mantan Bupati di kabupaten saya; Bapak Drs. H. Nasrul Abit yang merupakan salah satu penginisiasi adanya SMAN 3 Painan Boarding School di Kabupaten Pesisir Selatan, saya sangat senang sekali. Perpaduan 2 keteladanan dalam memimpin. It’s amazing! Dan benar saja, beliau terpilih dan hingga saat ini banyak perubahan dan kemajuan yang diciptakan keduanya.

Qadarullah beberapa waktu lalu Allah beri kesempatan untuk bertemu langsung dan berdiskusi dengan Bapak Irwan Prayitno di rumah dinas beliau. Kemudian juga bertemu langsung dengan Bapak Nasrul Abit dan berkesempatan mewawancarai beliau di acara Parade Cinta Tanah Air di Sumatera Barat. Sangat terasa keteladanan dari 2 sosok pemimpin ini.

Eittss… Tunggu dulu, jangan kira kepemimpinan itu hanya kepemimpinan di pemerintahan saja. Sebelum itu juga ada tingkat kepemimpinan yang harus kita sadari.
Ada 4 Level kepemimpinan :
1. Kepemimpinan Diri
2. Kepemimpinan Keluarga
3. Kepemimpinan Masyarakat
4. Kepemimpinan di Pemerintahan

Untuk para pemimpin dan calon pemimpin masa depan, tekadkan bahwa pada tiap-tiap level kepemimpinan kita harus memiliki “Keteladanan”, baik dari perkataan maupun perbuatan.
Bismillah….

 

(Penulis bernama Dinni Ramayani.  Adalah mahasiswa Jurusan PGSD Universitas Negeri Padang. Penerima Manfaat BAKTI NUSA 9 wilayah Padang. Founder Komunitas @jendelaprestasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
Skip to toolbar