Future Leader Camp

Future Leader Camp

  • :

Latar Belakang

Indonesia adalah negara yang tidak hanya kaya sumber daya alam, namun juga memiliki beragam budaya lokal. Dari ujung Aceh hingga ujung Papua terdapat lebih dari 700 suku bangsa. Dengan keanekaragaman kebudayaannya itu dapat dikatakan Indonesia mempunyai keunggulan dibandingkan dengan negara lainnya. Indonesia mempunyai potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi. Dan tak kalah pentingnya, secara sosial budaya dan politik masyarakat Indonesia mempunyai jalinan sejarah dinamika interaksi antar kebudayaan yang dirangkai sejak dulu. Interaksi antar kebudayaan dijalin tidak hanya meliputi antar kelompok sukubangsa yang berbeda, namun juga meliputi antar peradaban yang ada di dunia.

Dengan potensi kebudayaan nusantara tersebut sejatinya Indonesia bisa menjadi role model sebuah Negara yang bersatu dengan banyak keragaman. Namun potensi itu bisa menjadi ancaman tatkala kita sebagai anak bangsa tak menyadarinya. Hadirnya ancaman itu mungkin saat ini sudah kita rasakan bersama. Seringnya terjadi huru-hara, konflik suku dan agama, sampai perang saudara. Lingkar bhineka yang selama ini erat kuat diperjuangkan lambat laun longgar. Oleh karena itu, pentingnya kesadaran untuk mempererat kebhinekaan dan persatuan harus dimiliki para penerus bangsa kelak. Jangan sampai anak cucu kita kelak akan hidup di tanah pertumpahan dan perpecahan.

Dompet Dhuafa sebagai lembaga umat dan kemanusiaan sadar akan hal itu. Sehingga melalui program pengembangan kepemimpinannya, yaitu BAKTI NUSA, membentuk calon-calon pemimpin masa depan yang berkarakter dan kompeten untuk mewujudkan Indonesia yang kuat dan berdaya.

Future Leader Camp (FLC) merupakan salah satu sarana pembinaan yang diadakan oleh Dompet Dhuafa Pendidikan kepada para penerima manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA). FLC dilaksanakan dalam bentuk rangkaian orientasi dan internalisasi program, serta pengukuhan calon penerima manfaat program pengembangan kepemimpinan BAKTI NUSA yang lolos dalam seleksi nasional. FLC biasa dilaksanakan dengan konten yang mencakup training orientasi program, penandatanganan akad, Leaders TalkCamp, dan Team Building yang dilaksanakan selama 3-5 hari yang dilakukan di awal ketika calon penerima manfaat BAKTI NUSA dinyatakan lolos pada tahap seleksi nasional.

 

Tujuan Kegiatan

Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai berikut:

  • Memberikan pemahaman yang utuh tentang program dan konsekuensi atas akad yang telah disepakati
  • Menguatkan wawasan kebangsaan dan kecintaan terhadap bangsa dan negara
  • Membangun soliditas team dan komitmen bersama dalam mencapai tujuan
  • Membangun dan menguatkan jaringan strategis kepemimpinan nasional

 

Peserta

Peserta kegiatan Future Leader Camp (FLC) merupakan penerima manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara (BAKTI NUSA)

Skip to toolbar