Berbagi Tanpa Tapi, Berbuat Baik Tiada Henti – BAKTI NUSA

Berbagi Tanpa Tapi, Berbuat Baik Tiada Henti

BERBAGI TANPA TAPI, BERBUAT BAIK TIADA HENTI

“Tidak akan bergeser kedua kaki anak Adam di hari kiamat dari sisi RabbNya, hingga dia ditanya tentang lima perkara (yaitu): tentang umurnya untuk apa ia habiskan, tentang masa mudanya untuk apa ia gunakan, tentang hartanya dari mana ia dapatkan, dan dalam hal apa (hartanya tersebut) ia belanjakan serta apa saja yang telah ia amalkan dari ilmu yang dimilikinya.” 

(HR. at-Tirmidzi no. 2416)

Hadits tersebut seakan menjadi alarm bagi kita. Semakin ke sini semakin banyak jalan-jalan yang kita tapaki, akan semakin banyak pula pilihan-pilihan yang harus kita putuskan sendiri, pilihan yang harus diputuskan dalam singkat durasi yang dimiliki, dan setiap pilihan  tentunya diiringi dengan berbagai konsekuensi. Apapun pilihan itu, semoga selalu Allah berkahi dan ridhoi. Maka, menginvestasikan waktu dalam kebaikan adalah sebaik-baik pilihan.

Sadarilah bahwa kesempatan berbagi bukan hanya untuk mereka yang kaya materi, berbagi bukan hanya untuk mereka yang digit rupiahnya tak terhitung lagi, melainkan setiap kita selalu punya kesempatan untuk berbagi. Salah satu caranya adalah dengan berkolaborasi dengan teman-teman yang satu visi. Sebut saja Komunitas @jendelaprestasi yang digagas oleh salah satu PM BAKTI NUSA 9; Dinni Ramayani, komunitas yang digagasnya ternyata bukan sekadar bergerak di bidang karya dan prestasi, akan tetapi di bulan Ramadhan ini juga mereka manfaatkan untuk terus berbagi dengan orang-orang yang berpuasa.

Semangat Berbagi dari Komunitas @Jendelaprestasi

“Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” [HR. Tirmidzi]

Komunitas ini telah melakukan acara Bagi-Bagi Takjil Gratis sebanyak 2 kali di Kota Padang dan Buka Bareng Anak Yatim&Santri Rumah Tahfidz Quran di Kabupaten Pesisir Selatan. Penggerak dari seluruh rangkaian kegiatan ini adalah para anggota komunitas, mahasiswa, generasi muda harapan bangsa yang berkolaborasi bersama. Kegiatan ini awalnya hanya inisiatif dari para penggerak komunitas @jendelaprestasi, tanpa disangka ternyata niat baik tersebut mendapat dukungan dari berbagai pihak. Donasi berdatangan dari berbagai penjuru, mulai dari sahabat muslim di Jepang, dari kalangan Dosen, Mahasiswa, PNS muda, dan masyarakat. Maka sungguh, ketika kita berusaha untuk terus berbagi dengan sesama maka pertolongan Allah itu datang tanpa diduga melalui bermacam perantara.

Komunitas @jendelaprestasi Bagi-Bagi Takjil Gratis

Jangan pernah letih untuk berbuat baik, karena sungguh pahala berbuat baik itu akan kekal. Sebagaimana Umar bin Khattab pernah berkata,

“Bila kita merasa letih karena berbuat kebaikan, maka sesungguhnya keletihan itu akan hilang dan kebaikan akan kekal. Bila kita bersenang-senang dengan dosa, kesenangan itu akan hilang dan dosa yang akan kekal.” (Umar bin Khathab)

Kebaikan kadang memang membuat kita lelah, namun ketika lelah itu menghampiri segeralah ingat bahwa ada pahala yang akan kekal abadi. Maka teruslah berbagi tanpa tapi dan berbuat baik tiada henti. Selagi masih muda, selagi nyawa masih di raga, maka jangan pernah berhenti menebar kebaikan di mana pun berada!

(Penulis bernama Dinni Ramayani.  Adalah mahasiswa Jurusan PGSD Universitas Negeri Padang. Penerima Manfaat BAKTI NUSA 9 wilayah Padang. Founder Komunitas @jendelaprestasi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

shares
Skip to toolbar